Teori Organisasi Umum2, Tugas 3, Sahid Prasetyo, 2KA26, 16110328

on Sabtu, 10 Maret 2012
1) Pengertian dan Konsep Pendapatan
> Pendapatan adalah jumlah uang yang diterima oleh perusahaan dari aktivitasnya, kebanyakan dari penjualan produk dan/atau jasa kepada pelanggan.
> Secara garis besar konsep pendapatan dapat ditinjau dua segi, yaitu :
   1. Menurut ilmu ekonomi
   2. Menurut ilmu akuntansi

1. Menurut ilmu ekonomi
Pendapatan menurut ilmu ekonomi merupakan nilai maksimum yang dapat dikonsumsi oleh seseorang dalam suatu periode dengan mengharapkan keadaan yang sama pada akhir periode seperti keadaan semula. Pengertian tersebut menitikberatkan pada total kuantitatif pengeluaran terhadap konsumsi selama satu periode. Dengan kata lain, pendapatan adalah jumlah harta kekayaan awal periode ditambah keseluruhan hasil yang diperoleh selama satu periode, bukan hanya yang dikonsumsi.
Definisi pendapatan menurut ilmu ekonomi menutup kemungkinan perubahan lebih dari total harta kekayaan badan usaha pada awal periode, dan menekankan pada jumlah nilai statis pada akhir periode. Secara garis besar pendapatan adalah jumlah harta kekayaan awal periode ditambah perubahan penilaian yang bukan diakibatkan perubahan modal dan hutang.

2. Menurut ilmu akuntansi
Banyak konsep pendapatan didifinisikan dari berbagai literatur akuntansi dan teori akuntansi. Namun pada dasarnya konsep pendapatan dapat ditelusuri dari dua sudut pandang, yaitu :
a)      Pandangan yang menekankan pada pertumbuhan atau peningkatan jumlah aktiva yang timbul sebagai hasil dari kegiatan operasional perusahaan.
b)      suatu proses mengenai arus penciptaan barang dan jasa oleh perusahaan selama jangka waktu tertentu.

2) Metode Perhitungan Pendapatan Nasional
Terdapat tiga metode yang dapat digunakan untuk menhitung Pendapatan Nasional, yaitu:
>  Pendekatan pendapatan, dengan cara menjumlahkan seluruh pendapatan (upah, sewa, bunga, dan laba) yang diterima rumah tangga konsumsi dalam suatu negara selama satu periode tertentu sebagai imbalan atas faktor-faktor produksi yang diberikan kepada perusahaan.
> Pendekatan produksi, dengan cara menjumlahkan nilai seluruh produk yang dihasilkan suatu negara dari bidang industri, agraris, ekstraktif, jasa, danniaga selama satu periode tertentu. Nilai produk yang dihitung dengan pendekatan ini adalah nilai jasa dan barang jadi (bukan bahan mentah atau barang setengah jadi).
> Pendekatan pengeluaran, dengan cara menghitung jumlah seluruh pengeluaran untuk membeli barang dan jasa yang diproduksi dalam suatu negara selama satu periode tertentu. Perhitungan dengan pendekatan ini dilakukan dengan menghitung pengeluaran yang dilakukan oleh empat pelaku kegiatan ekonomi negara, yaitu: Rumah tangga (Consumption), pemerintah (Government), pengeluaran investasi (Investment), dan selisih antara nilai ekspor dikurangi impor (XM)

3) Masalah-masalah dan Keterbatasan dalam perhitungan PDB
Masalah-masalah perhitungan PDB:
a. Perhitungan PDB dan Analisis Kemakmuran
b. Perhitungan PDB dan Masalah Kesejahteraan Sosial
c. PDB Per Kapita dan Masalah Produktivitas
d. Penghitungan PDB dan Kegiatan-kegiatan Ekonomi Tak Tercatatrbat
Keterbatasan dalam perhitungan PDB :                                                                                                                    PDB tidak memasukan memasukan transaksi yang terjadi pada “underground economy” (perekonomian bawah tanah). Perekonomian seperti sektor informal atau sektor illegal seperti penjualan narkoba , dan sektor lain yang sulit tercatat oleh negara tidak masuk dalam perhitungan PDB . Ini menyebabkan nilai PDB cenderung dapat undervalued (lebih rendah) dari yang seharusnya .

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Pendapatan
http://id.wikipedia.org/wiki/Pendapatan_nasional
http://vinicgilang.blogspot.com/2011/02/metode-penghitungan-pendapatan-nasional.html
http://claraviwin.blogspot.com/2011/02/memahami-masalah-dan-keterbatasan.html

0 komentar:

Posting Komentar